Tempat Wisata Di KBB Diizinkan Buka Kembali Lantaran Masuk Zona Orange

Stone Garden, Padalarang, Bandung Barat, 25022017

Tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, dibuka kembali sejak Kamis (24/6/2021) lantaran wilayah Kabupaten Bandung Barat tersebut masuk zona orange. Dibukanya kembali tempat – tempat wisata di Bandung Barat merujuk pada Surat Edaran (SE) Nomor 360/1614-BPBD/2021 tentang Pengendalian Penyebaran Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro di Wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Berikut dibawah ini berita jabar terkait dibukanya kembali tempat wista di Kabupaten Bandung Barat (KBB) :

  1. Tempat Wisata Di Zone Oranye Diizinkan Buka Dengan Syarat Membatasi Kapasitas Maksimal Pengunjung 25 %

Surat Edaran (SE) yang ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan tersebut menjelaskan bahwa tempat wisata di zona oranye diizinkan untuk buka. Namun, dengan syarat harus membatasi kapasitas maksimal pengunjung sebanyak 25 persen dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan, masuknya Kabupaten Bandung Barat ke zona oranye berdasarkan informasi dari Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Barat.

Beberapa tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat yang beroperasi kembali adalah Lembang Park & Zoo dan Farmhouse Susu Lembang. PR dan Marketing Farmhouse Susu Lembang Anugrah J Tunis mengonfirmasi bahwa tempat wisata tersebut memang sudah dibuka kembali. Adapun jam buka Farmhouse Susu Lembang adalah mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Tiket masuk ke Farmhouse Susu Lembang seharga Rp. 30.000 untuk hari biasa dan akhir pekan. Tiket bisa ditukarkan dengan susu murni atau diskon di Backyard Kitchen.

  1. Secara Aturan Tim Satgas Covid-19 : Tempat Wisata Bisa Kembali Buka Jika Sudah Masuk Zona Oranye

Hengki menyebutkan, secara aturan tim Satgas Covid-19, tempat wisata bisa kembali dibuka jika sudah masuh zona oranye. Tinggal bagaimana kesiapan mereka para pelaku wisatanya, apakah mereka akan langsung buka atau memiliki kebijakan masing – masing.

Mengacu kepada SE No 360/1614-BPBD/2021 tentang Pengendalian Penyebaran Covid-19 dan PPKM Mikro di Kabupaten Bandung Barat yang dikeluarkan Plt Bupati Bandung Barat tanggal 22 Juni 2021. Kegiatan di area public pada zona oranye diizinkan dengan kapasitas maksimal 25 % dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pria kelahiran Kediri tersebut menyakini bahwa jika protokol kesehatan di tempat wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat sudah memenuhi standar. Namun untuk kali ini, meski diizinkan buka namun pihak pengelola hanya diperkenankan menerima kunjungan tamu maksimal 25 % saja dari kapasitas tempat. Hal tersebut tentunya untuk mencegah terjadinya kerumunan di lokasi wisata.

Hengki mengatakan, kapasitas kunjungan masih dibatasi 25 % saja dari kapasitas tempat. Protokol kesehatan juga tetap harus diperhatikan dan jika bisa menggunakan masker atau bahkan face shield secara rangkap.

  1. Sebelumnya Tempat Wisata Di Kabupaten Bandung Barat Tutup Pada 16 Hingga 22 Juni 2021

Sebelumnya tempat – tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat tutup mulai tanggal 16 hingga 22 Juni 2021, kemudian diperpanjang hingga 5 Juli 2021. Pasalnya, Kabupaten Bandung Barat masuk zona merah.

Melansir dari akun resmi Instagram Humas KBB, penutupan tempat wisata tersebut tertulis pada SE Nomor 556/1559-Disparbud tentang Penutupan Objek Wisata di Kabupaten Bandung Barat.

Berdasarkan laman Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat, per hari Jumat pukul 14.30 WIB, terdapat 356.682 total kasus Covid-19 terkonfirmasi di provinsi Jawa Barat. Sementara, untuk jumlah kasus di Kabupaten Bandung Barat adalah 988 kasus.

Leave a Comment